K-LINK

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 25 Juni 2016

Cara Mengatasi Atau Mempercepat Loading Google Chrome

Disini saya akan memberikan tips bagaimana Cara Mengatasi Atau Mempercepat Loading Google Chrome milik sobat. Bagi sobat yang menggunakan browser mozilla firefox, sobat bisa baca Cara Mengatasi atau Mempercepat Loading Mozilla Firefox. Sobat yang menggunakan browser google chrome, silahkan lihat caranya dibawah ini.

Google Chrome
Cara Mengatasi Atau Mempercepat Loading Google Chrome:

1. Buka browser google chrome

2. Ketik chrome://flags/ pada address bar, lalu tekan tombol enter

3. Lihat tulisan GPU Compositing on All Page, ubah tulisan Disable menjadi Enable

4. Kemudian Klik tulisan Relaunch now

Sekarang lihat perbedaannya. Jika masih lambat, saya akan memberikan tips lainnya. Yakni:

  • 1. Download FastestChrome
   FastestChrome merupakan extension untuk menambah kecepatan Google Chrome ketika mengakses sebuah website, membuka banyak halaman website, dan lain sebagainya. Silahkan install FastestChrome. Setelah terinstall, lihat Pojok Kanan Atas => Tools => Extension => FastestChrome => Option, setelah tekan option, kustomisasi untuk kebutuhan sobat.

  • 2. History
   Prosedur ini memang mempengaruhi kecepatan browser sobat. Untuk menghapusnya tekan CTRL + SHIFT + DELETE. Saat pop-up muncul anda akan diberikan pilihan untuk menghapus data atau histori sampai jangka waktu tertentu.

Semoga bermanfaat postingan tentang Cara Mengatasi Atau Mempercepat Loading Google Chrome dan semoga sobat berhasil menambahkan kecepatan browser google chrome sobat.

Fungsi Tombol - Tombol Keyboard Pada PC atau Laptop atau Notebook

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Untuk kali ini saya akan Memberitahu Fungsi Tombol - Tombol Keyboard Pada PC atau Laptop atau Notebook dll. Berguna jika sobat malas menggunakan mouse atau kebetulan mousenya sedang bermasalah.



Fungsi Tombol - Tombol Keyboard Pada PC atau Laptop atau Notebook dll:



Ctrl + A : Select All
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Hanging Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Left Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + X : Cut
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + 1 : Single Spacing
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu

------------------------------------------------------------------

F1 : Menjalankan fungsis pertolongan yang disediakan pada Word
F2 : Memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As

------------------------------------------------------------------

Esc : Membatalkan dialog / perintah
Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi kursor
Home : Memindahkan posisi kurosr ke awal baris
End : Memindahkan posisi kurosr ke akhir baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke atas
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya


Demikian postingan Saya, SEMOGA BERMANFAAT

Cara Memanfaatkan Waktu Luang Lebih Berguna

Memanfaatkan Waktu Luang Dengan Hal-Hal Yang Positif dan Berguna | Waktu luang mungkin terjadi pada perubahan gaya hidup, perubahan karier, pensiun, memiliki anak, meninggalkan rumah, atau lulus dari sekolah ataupun perguruan tinggi. Anda mungkin mencari cara untuk membuat waktu luang anda lebih baik dari menggunakan waktu luang yang Anda miliki karena sudah terlepas di antara hal-hal yang Anda lakukan dalam kesibukan Anda sebelumnya.
Menggunakan waktu luang secara produktif dapat membantu Anda untuk mengatasi ketidakmampuan untuk dapat bersantai-santai karena "untuk melakukan sesuatu" menggunakan waktu luang dengan cara yang terasa lebih bermanfaat bagi Anda akan memastikan bahwa Anda akan merasa lebih baik, terlibat penuh dalam kehidupan. Pada artikel ini Berbagi Pengetahuan akan sharing dengan anda kiat memiliki kesempatan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan dijalankan secara powerfull.


1. BUAT RENCANA UNTUK MENGISI WAKTU LUANG ANDA
Jangan Anda berpikir dalam hal apa yang Anda pikir harus lakukan, tetapi apa yang Anda tahu akan membuat Anda merasa lebih produktif, terlibat dan puas dalam hidup. Berikut adalah beberapa cara perencanaan mungkin bagi Anda:
  • Tuliskan daftar hal-hal yang Anda ingin lakukan dalam waktu luang Anda. Anda dapat melakukan cara apapun yang Anda suka, atau memperlakukan semuanya jika itu sama-sama penting, karena itu terserah Anda.
  • Membuat jurnal tentang kehidupan Anda dan mencakup bagaimana Anda ingin menjadi lebih hidup.
  • Pastikan untuk menggambarkan aktivitas. Anda sedang mencoba di waktu luang Anda sehingga Anda bisa mengevaluasi mana yang layak dilakukan atau tidak.
  • Buat papan visualisasi yang menetapkan cara-cara di mana Anda ingin menghabiskan waktu luang di masa depan.

2. TINGGALKAN HAL-HAL KURANG BERMANFAAT
Jika Anda ingin merasakan waktu luang Anda benar-benar berguna, maka anda harus memasukan hal-hal berguna tidak luput dari semangat didalamnya. Alasan untuk ini adalah bahwa waktu luang Anda diperlukan untuk menyegarkan Anda dan meningkatkan energi Anda, kreativitas Anda, dan rasa percaya diri Anda. Jika membiarkan kegiatan duniawi biasa di kehidupan sehari-hari menyusup ke waktu luang Anda dengan dalih semoga menjadi "berguna", Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari waktu luang Anda dan Anda akan memiliki batasan yang sangat longgar antara waktu bebas dan sisa waktu Anda, sehingga bisa mendevaluasi waktu luang Anda.

3. MEMPERLUAS ZONA KENYAMANAN
Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan dan menggunakan waktu luang menjadi berguna adalah menemukan hal-hal baru. menemukan sesuatu yang dirasa bahwa Anda memiliki dimensi kepada diri sendiri yang bahkan anda tidak menyadari sebelumnya. Dengan melangkah diluar zona kenyamanan waktu luang Anda menjadi perjalanan yang berguna, membantu Anda untuk tumbuh dan penemuan diri. Selain itu juga dapat membantu Anda untuk tetap tertarik dengan memicu rasa ingin tahu Anda, dan memperluas kesadaran Anda. Beberapa hal yang mungkin dipertimbangkan untuk melakukan ini meliputi:
  • Mencoba hal-hal baru
  • Melakukan yang Anda suka pada masa lampau
  • Menikmati tantangan yang terlibat dalam memperbarui minat Anda
  • Tuliskan sesuatu yang merangsang dan berenergi
  • Carilah kegiatan dan pengalaman yang akan membawa Anda

4. UBAH PENDEKATAN UNTUK PENGGUNAAN MEDIA
Matikan TV, radio atau semacamnya dan biarkan keluar dari waktu luang Anda. Pikirkan cara-cara kreatif untuk menggantikan media diwaktu luang Anda. Internet memungkinkan untuk bertanggung jawab atas masukan yang beredar melalui media, menyediakan Anda dengan kesempatan untuk mengubah waktu luang Anda menjadi sarana untuk menjadi kreatif, pesan praktis, atau informatif yang mungkin Anda ingin berbagi dengan dunia. Atau mungkin Anda dapat menulis beberapa puisi atau cerita pendek dan menambahkannya keblog dengan orang yang sedang berseluncur didunia maya. Ini berguna untuk waktu luang, Anda akan menggali kreativitas Anda dan memberi orang lain sesuatu yang mereka dapat menghargai atau belajar dan menikmati dari sebagian hasilnya.

5. SUKARELA BERSOSIALISASI
Jika Anda memiliki cukup waktu luang untuk memberikan waktu kepada orang lain yang membutuhkan, kenapa tidak ?. ini bisa menjadi cara yang sangat memenuhi untuk memberikan kembali kepada publik atau masyarakat dan bahkan lebih baik, Anda bisa memilih menjadi relawan apa sesuai dengan apa yang Anda harapkan dan percaya, dan apa yang Anda anggap paling penting. Reputasi melalui relawan menjadi pengalaman yang sangat memuaskan yang membantu banyak orang lain. Beberapa ide untuk bersosialisasi mencakup pekerjaan badan amal, misalnya saja bergotong royong, pekerjaan hewan (penyelamatan hewan atau pelatihan) dan sebagainya. kegiatan ini dapat memberikan diri Anda beberapa variasi baik dalam pengalaman dan orang yang Anda temui.

6. PERTIMBANGKAN REORIENTASI GAYA HIDUP
Jika menemukan waktu luang Anda telah terhambat karena harus berurusan dengan rumah besar (pekerjaan rumah tangga). Mungkin anda perlu bergerak lebih dekat ketempat dimana ada banyak kegiatan yang Anda lebih suka melakukannya dan yang tidak ditawarkan pada umumnya. Hindari melihat perampingan karena merampas diri Anda dari suatu standar tertentu. Setelah Anda membebaskan diri dari kebutuhan tertentu Anda akan segera belajar bahwa waktu Anda akan terasa lebih bernilai.

25 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Bangun pagi sering disepelekan oleh banyak orang, jika dilihat dari pola tidur sebagian orang yang lebih memilih bangun siang dibandingkan bangun pagi. Orang yang memilih bangun siang itu ada berbagai macam faktor yang menyebabkannya bangun siang, salah satunya adalah bergadang. Orang yang bergadang di malam hari akan terasa lemas saat pagi hari, bahkan saat terbangun di siang hari pun badannya akan terasa lemas.




Kapankah Bangun Pagi Itu ??
Bangun pagi adalah bangun di pagi hari, sebelum sinar matahari terbit di ufuk timur. Jika matahari sudah terbit, waktu sudah tidak pagi lagi melainkan waktu pertengahan antara pagi dan siang hari. Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara jam setengah empat, lima dan jam enam. Sebenarnya banyak hal yang akan didapatkan ketika bangun pagi. Saat itu udara masih sejuk dan udara masih segar.
Berikut ini berbagai macam manfaat bangun di pagi hari yang tidak terduga :

1. Tubuh Segar
Saat bangun pagi hari, tubuh akan merasakan segar. Hawa dan manfaat udara di pagi hari bisa menyegarkan tubuh.
2. Mendapatkan Udara Segar
Manfaat bangun pagi hari, kita akan mendapatkan udara yang segar dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara segar sangat bermanfaat dalam pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan polusi pabrik.
3. Melancarkan Peredaran Darah
Dengan menghirup udara pagi, kita bisa melancarkan peredaran darah. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh membuat aliran darah menjadi lancar karena manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh adalah oksigen paling baik.
4. Otak Berfungsi Maksimal
Aliran darah yang maksimal dengan aliran oksigen ke otak yang lancar bisa meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.
5. Meningkatkan Daya Ingat
Jika otak berfungsi secara maksimal, memori otak akan meningkat. Hal itulah yang bisa membuat daya ingat seseorang bisa meningkat. Orang tua yang sering bangun pagi dan menghirup udara di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bangun pagi dan menghirup udara pagi.
6. Menyehatkan Paru-Paru
Saat organ pernafasan diberi oksigen yang kualitas bagus, organ pernafasan pun akan menjadi sehat, termasuk paru-paru. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh tidak akan mengotori paru-paru, berbeda halnya saat paru-paru menghirup udara kotor penuh polusi. Udara itu akan bisa mengotori paru-paru dan menyebabkan berbagai macam penyakit paru-paru misalnya saja flek paru-paru dan masih banyak lagi lainnya.
7. Menyehatkan Jantung
Jika peredaran darah menjadi lancar, organ yang lainnnya bisa menjadi sehat, misalnya saja adalah jantung. Berbagai macam penyakit jantung disebabkan oleh aliran darah dan oksigen yang sedikit ke jantung. Jika aliran darah dan oksigen ke jantung lancar, maka jantung pun bisa sehat dan menjalankan fungsinya secara maksimal.
8. Sistem Imun Meningkat
Udara pagi yang dihirup saat pagi hari bisa membuat sistem imun di dalam tubuh akan semakin meningkat. Hal itu dikarenakan udara pagi sangat bagus untuk pembentukan zat antibodi yang maksimal. Zat antibodi itulah yang bermanfaat dalam pembentukan sistem imun dan meningkatkan sistem imun.
9. Terhindar Dari Penyakit Kuning
Sinar matahari mengandung manfaat vitamin D, pukul setengah enam sampai dengan pukul sembilan cahaya matahari sangat baik untuk kesehatan. Setelah pukul 9 pagi lindungi diri anda dari cahya matahari.Karena pada pukul tersebut, sinar matahari bersifat racun dan bisa merusak sel-sel di permukaan kulit.
Menghirup udara pagi dan membiarkan tubuh terpapar oleh manfaat matahari pagi bisa membuat anda terhindar dari penyakit kuning. Begitu pula dengan bayi. Bayi sangat rentan untuk terkena penyakit kuning, penyakitt kuning adalah penyakit dimana kulit tubuh menjadi kuning dan keriput. Penyakit kuning bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh.
10. Menjaga Kesehatan Tulang
Sinar matahari juga kaya akan kalium, kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan kalium yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tulang anda menjadi sehat dan terhindar dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Jika tulang sehat dan terjaga, tulang bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Wanita yang sering berjemur di pagi hari akan terhindar dari osteoporosis dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah berjemur untuk mendapatkan vitamin D.
11. Kulit Awet Muda
Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa membuat kulit menjadi awet muda karena sel-sel kulit mati bisa terkelupas dari permukaan kulit. Manfaat bangun pagi dengan merasakan matahari mengandung vitamin D2 dan D3, bisa mencegah gangguan pada kulit.
12. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Vitamin D selain mengandung kalium juga mengandung kalsitriol. Kandungan kalsitriol bermanfaat dalam metabolisme tubuh. Kalsitriol bermanfaat untuk memudahkan kalsium untuk terserap ke tulang. Tulang dan tubuh membutuhkan kalsium untuk proses metabolisme. Jika metabolisme turun dan terganggu, akibatnya tubuh akan mengalami penurunan. Penurunan kognitif tidak boleh dibiarkan karena bisa merusak berbagai macam organ di dalamnya.
13. Pencegahan Kanker Payudara
Wanita akan sangat rentan untuk terkena kanker payudara. Kanker payudara menjadi momok bagi banyak wanita. Banyak kasus kanker payudara yang berakhir dengan kematian. Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati, mencegah bisa menggunakan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari. Berjemur di pagi hari bisa mencegah sel kaner payudara.
14. Menyembukan Penyakit Osteomalacia
Osteomalacia adalah proses pembentukan lapisan mineral yang ada di dalam tulang. Tulang terbentuk dari lapisan-lapisan pendukungnya sehingga tulang tidak akan mudah patah karena terbentuk dari lapisan-lapisan. Penyakit ini sama dengan osteoporosis. Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa mengobati penyakit osetomalacia.
Perbedaannya dengan penyakit osteoporosis adalah jika osteoporosis bisa menyerang orang yang sudah lanjut usia sedangkan osteomalacia bisa menyerang orang dewasa dengan usia di atas dari 20 tahun.
15. Mencegah Rakhtitis
Membiasakan anak bangun pagi dan berjemur di bawah sinar matahari minimal 15 menit bisa mencegah penyakit rakhitis pada anak. Anak-anak sudah mengalami pertumbuhan di susunan tulangnya. Saat usia ini, anak-anak membutuhkan asupan yang cukup untuk kesehatan tulangnya. Anda sebagai orang tua jangan memberikan makanan yang hanya disukai anak saja, namun usahakan untuk memberikan makanan yang kaya akan nutrisi.
Berilah berbagai manfaat sayuran dan ajarkan kepada anak kebiasaan baik dan sehat. Anak mudah untuk terkena penyakit rakhitis, rakhitis adalah suatu kondisi dimana tulang tidak terbentuk dengan sempurna dan susunan tulangnya juga tidak sempurna. Ajaklah anak untuk berjemur di bawah sinar matahari saat bangun pagi minimal 15 menit.
16. Membangkitkan Semangat
Secara psikologis, menghirup udara pagi dan bangun pagi bisa menciptakan energi positif di dalam tubuh. Manfaat bangun pagi akan lebih bersemangat dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari. Lihatlah perbedaan muka orang yang selalu bangun pagi dan orang yang bangun siang. Manfaat bangun pagi pada bagian mukanya akan berseri-seri karena bersemangat sedangkan wajah orang yang bangun saat siang hari akan memiliki wajah yang kusut dan kurang bersemngat.
Orang yang bangun siang pun rasanya masih ogah-ogahan untuk bangun, berbeda dengan orang yang bangun pagi. Dia akan memulai harinya dengan semangat.
17. Produktivitas Meningkat
Saat seseorang menjadi semangat, produktivitas kerjanya pun akan meningkat. Berbeda halnya dengan orang yang bangun saat siang hari. Dia tidak memiliki semangat seperti orang yang bangun pagi. Oleh sebab itulah, jika dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari, produktivitas kerja orang yang bangun pagi hari lebih banyak.
18. Mencegah Penyakit Kanker Kulit
Kandungan vitamin D pada sinar matahari sebelum jam 9 bisa mencegah penyakit kanker kulit. Hal itu dikarenakan sinar matahari bisa mencegah sel kanker kulit di dalam kulit. Dengan sinar matahari yang masuk ke dalam jaringan kulit bisa membuat kulit menjadi sehat.
19. Menurunkan Kolesterol
Jika aliran darah di dalam tubuh lancar, anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan sinar matahari dari manfaat bangun pagi dan juga oksigen terbaik, bisa membuat aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.
20. Memiliki Mood yang Bagus
Manfaat bangun pagi setiap hari bisa memberikan mood yang bagus. Hal itu dikarenakan bangun pagi bermanfaat untuk pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati dan juga keseimbangan mental di dalam tubuh yang baik. Agar memiliki mood dan suasana hati yang bagus, sebaiknya anda membiasakan diri untuk bangun pagi.
21. Relaksasi
Manfaat bangun pagi hari juga berguna sebagai relaksasi. Hal itu dikarenakan saat pagi hari dan mencium udara pagi membuat tubuh menjadi tenang. Tidak hanya tubuh saja yang tenang, namun hati dan pikiran pun menjadi tenang, Sehingga bangun pagi cocok dijadikan sebagai sarana relaksasi.
22. Membentuk Sikap Positif
Bangun pagi bisa membentuk sikap positif dalam diri, hal itu dikarenakan saat bangun pagi anda bisa melalui semua akitivitas yang harus dilakukan dengan baik dan tanpa tergesa-gesa. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika bangun siang, kemudian menjadi badmood sepanjang hari. Penyebabnya adalah mandi tergesa-gesa, makan tergesa-gesa, berangkat kerja tergesa-gesa, belum jika ada dompet dan barang anda yang ketinggalan di rumah. Anda bisa semakin badmood dan uring-uringan.
23. Meningkatkan Vitalitas
Selain meningkatkan produktivitas, bangun pagi dan menghirup udara pagi bisa meningkatkan vitalitas bagi seseorang.
24. Membakar Kalori
Saat yang tepat untuk berolahraga adalah saat pagi hari, semakin pagi anda bangun maka semakin banyak kalori yang anda bakar saat anda olahraga. Kalori di dalam tubuh dan berlebihan tidak baik karena bisa membuat berbagai macam gangguan kesehatan di dalam tubuh.
25. Mendatangkan Rezeki
Orang yang terbiasa bangun pagi, dia akan memiliki rezeki yang baik. Sebab orang yang bangun pagi bisa menjemput rejekinya lebih cepat dan lebih awal dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Contohnya saja begini, seorang pedagang yang bangun lebih pagi akan memiliki kesempatan untuk menjajakan dagangannya lebih awal. Sehingga dia bisa menyambut datangnya pelanggan lebih awal dibandingkan degan pedagang yang bangun siang atau menjajakan dagangannya siang hari.
Bangun pagi memiliki banyak manfaat, jika banyak orang tahu manfaatnya, tentu banyak orang yang memilih bangun pagi dibandingkan dengan bergadang dan bangun siang. Namun ada kondisi tertentu yang mengharuskan seseorang bangun siang. Misalnya saja adalah seorang satpam atau seorang pekerja yang bekerja di shift malam, dia tidak akan pernah merasakan manfaat dari bangun pagi.

Minggu, 12 Juni 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

“PERMASALAHAN PADA PESERTA DIDIK (SD, SMP, SMA)”




DISUSUN OLEH:

NAMA                       : EMA HARDIANA
STAMBUK               : A 501 15 080
KELAS                      : A
SEMESTER              : II (DUA)






PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TAHUN 2016


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

            Harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

            Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.




Palu, 10 Juni 2016



Penulis







DAFTAR ISI

Halaman Judul    …………………………………………………………    i
Kata Pengantar  ………………………………………….……….............    ii
Daftar Isi  ………………………………………………………………...    iii
PEMBAHASAN  …………...…………………………………...............     1
            A. Pengertian Perkembangan   …………………………………...    1
            B. Pengertian Peserta Didik …...................………...…………......   1
            C. Definisi Anak Bermasalah .........................................................   2
            D. Permasalahan Pada Peserta Didik di SD ....................................  2
            E. Permasalahan Pada Peserta Didik di SMP ..................................  5
            F. Permasalahan Pada Peserta Didik di SMA ..................................  8
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. 11







PEMBAHASAN

A.    Pengertian Perkembangan
       Menurut Nagel (1957), perkembangan merupakan pengertian dimana terdapat struktur yang terorganisasikan dan mempunyai fungsi-fungsi tertentu, oleh karena itu bilamana terjadi perubahan struktur baik dalam organisasi maupun dalam bentuk, akan mengakibatkan perubahan fungsi.
       Menurut Scnneirla (1957), perkembangan adalah perubahan-perubahan progresif dalam organisasi organisme, dan organisme ini dilihat sebagai sistem fungsional dan adaptif sepanjang hidupnya.
       Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu, yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diulangi. Perkembangan menunjukkan pada perubahan-perubahan dalam suatu arah yang bersifat tetap dan maju.

B.     Pengertian Peserta Didik
                       
Peserta didik merupakan sumber daya utama dan terpenting dalam proses pendidikan formal. Tidak ada peserta didik, tidak ada guru. Peserta didik bisa belajar tanpa guru. Sebaliknya, guru tidak bisa mengajar tanpa peserta didik. Karenanya, kehadiran peserta didik menjadi keniscayaan dalam proses pendidikan formal atau pendidikan yang dilembagakan dan menuntut interaksi antara pendidik dan peserta didik.
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), peserta didik didefinisikan sebagai setiap manusia yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Peserta didik juga dapat didefinsikan sebagai orang yang belum dewasa dan memiliki sejumlah potensi dasar yang masih perlu dikembangkan. Potensi dimaksud umumnya terdiri dari tiga kategori, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.

C.    Definisi Anak Bermasalah
          
       Seorang siswa dikategorikan sebagai anak yang bermasalah apabila ia menunjukkan gejala-gejala penyimpangan dari perilaku yang lazim dilakukan oleh anak-anak pada umumnya.
       Penyimpangan perilaku ada yang sederhana, ada juga yang ekstrim. Penyimpangan perilaku yang sederhana semisal: mengantuk, suka menyendiri, kadang terlambat datang ke sekolah. Sedangkan yang ekstrim ialah semisal membolos, memeras teman-temannya, ataupun tidak sopan kepada orang lain.

D.    Permasalahan Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar
            
       Sekolah dasar (SD) adalah jenjang pendidikan yang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Pendidikan di sekolah dasar merupakan lembaga yang dikelola dan diatur oleh pemerintah, khususnya di bidang pendidikan. Sekolah dasar ini ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Pelajar sekolah dasar pada umumnya berusia 7-12 tahun. Siswa sekolah dasar umumnya menggunakan baju putih merah. Sekolah Dasar (SD) sebagai bagian dari pendidikan dasar merupakan tempat dimana siswa untuk pertama kalinya belajar untuk membaca, menulis dan berhitung.
Karena sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan formal yang paling dasar bagi anak-anak berusia 7-12 tahun, maka tidak diragukan lagi, pastinya ada-ada saja permasalahan yang dihadapi pada peserta didik di sekolah dasar. Contoh permasalahan tersebut seperti kesulitan belajar atau ketidakmampuan belajar pada anak sekolah dasar. Perbedaan individu dapat menyebabkan perbedaan tingkah laku di kalangan anak didik. Siswa yang tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Menurut Djamarah (2002) bahwa gangguan yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan belajar dapat berupa sindrom psikologis yang dapat berupa ketidakmampuan belajar (learning disability). Menurut Santrock (2007) anak dengan learning disability merupakan salah satu bentuk ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) seperti:
a.       Kesulitan membaca (disleksia)
 
Disleksia merupakan gangguan kognitif yang berupa ketidakmampuan membaca pada anak, anak kesulitan untuk mengenal huruf-huruf yang hampir sama, di mata anak tulisan merupakan coretan yang sulit untuk dibaca. Martini Jamaris, (2014: 139) mendefinisikan dyslexia sebagai kondisi yang berkaitan dengan kemampuan membaca yang sangat tidak memuaskan. Anak dengan gangguan ini dimungkinkan mempunyai IQ yang baik, dan kemampuan lain juga baik, namun dalam hal membaca akan mengalami kesulitan. Nini Subini, (2012: 54) memberikan pendapat bahwa dyslexia merupakan salah satu gangguan perkembangan fungsi otak yang terjadi sepanjang rentang hidup. Dyslexia dianggap suatu efek yang disebabkan karena gangguan dalam asosiasi daya ingat (memori) dan pemrosesan sentral yang disebut kesulitan membaca primer. Pada anak sekolah dasar, sebagian dari anak-anak sekolah dasar masih mengalami kesulitan membaca (disleksia) pada tataran kelas 4 dan kelas 5.

b.      Kesulitan menulis (disgraphia)
  
Disgraphia yaitu kesulitan dalam menulis. Ada yang memang karena gangguan pada motoris sehingga tulisannya sulit untuk dibaca orang lain, ada yang sangat lambat aktivitas motoriknya, dan juga adanya hambatan pada ideo motorik, sehingga sering salah atau tidak sesuai apa yang dikatakan dengan yang ditulis.

c.       Kesulitan menghitung (diskalkulia)
 
Diskalkulia adalah kesulitan dalam menghitung dan matematika. Hal ini sering dikarenakan adanya gangguan pada memori dan logika. Menghitung berarti berhubungan dengan mata pelajaran matematika. Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan bidang studi yang sulit dan menakutkan (Heruman, 2009). Akibat dari ketidaksukaan murid pada mata pelajaran matematika atau berhitung akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa sehingga tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Menurut Mulyadi (2010) kondisi ini merupakan salah satu indikasi gejala kesulitan belajar yang ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Meskipun demikian, semua orang harus mempelajari matematika karena merupakan suatu sarana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

E.     Permasalahan Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama
              
Sekolah menengah pertama (SMP) merupakan sekolah lanjutan dari sekolah dasar (SD). Bagi peserta didik yang telah tamat dari sekolah dasar (SD) perlu melanjutkan pendidikannya ke bangku SMP. Sekolah menengah pertama ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Pelajar pada sekolah menengah pertama pada umumnya berusia 13-15 tahun. Sekolah menengah pertama negeri di Indonesia umumnya menggunakan seragam putih biru.
Seperti halnya peserta didik pada sekolah dasar, tentunya ada juga permasalahan yang dihadapi pada peserta didik di sekolah menengah pertama, apalagi pada rentangan usia ini, peserta didik baru memasuki masa remaja dan baru meninggalkan masa kanak-kanak atau biasa disebut dengan masa transisi. Pada masa transisi tersebut kemungkinan dapat menimbulkan masa krisis, yang ditandai dengan kecenderungan munculnya perilaku menyimpang. Pada kondisi tertentu perilaku menyimpang tersebut akan menjadi perilaku yang mengganggu. Penyimpangan yang biasa dilakukan oleh siswa sekolah menengah pertama, seperti membolos, menggunakan narkoba, mabuk-mabukan, merokok, melanggar rambu-rambu lalu lintas, bahkan ada yang sudah berani kabur dari rumah. Selain penyimpangan perilaku, peserta didik usia SMP juga sering mengalami masalah emosi, serta motivasi yang rendah untuk belajar. Berikut akan dipaparkan secara jelas, yaitu:
a.       Perilaku menyimpang
Beberapa teori perilaku menyimpang dian­taranya adalah Teori Fungsi Katz, Teori Sosialisa­si, Teori Budaya Anak muda (Youth Culture) dan Teori Kontrol. Teori Fungsi Katz,beranggapan bahwa perubahan tingkah laku individu itu tergantung dari kebutuhan. Menurut Katz dalam (Azwar, 2010: 10) perilaku dilatarbelakangi oleh kebutuhan individu yang bersangkutan. Sedan­gakan teori sosialiasi menyebutkan bahwa pe­nyimpangan perilaku adalah hasil dari proses belajar. Edin H. Sutherland (dalam Narwoko dan Susanto Ed, 2009: 112) penyimpangan ada­lah konsekuensi dari kemahiran dan penguasaan atas suatu sikap atau tindakan yang dipelajari dari norma-norma yang menyimpang, terutama dari subkultur atau di antara teman-teman seba­ya yang menyimpang.

b.      Masalah emosi

Usia siswa sekolah menengah pertama (SMP) termasuk dalam usia remaja yang rentan dengan gangguan emosi karena pada masa ini kondisi emosi siswa masih labil dan dipandang sebagai masa transisi dari masa anak-anak menuju masa remaja, ditandai dengan perubahan fisik yang begitu cepat disertai perubahan psikologis dan sosial. Fase perubahan yang terjadi pada remaja seringkali memicu terjadinya konflik antara remaja dengan dirinya sendiri maupun konflik dengan lingkungan sekitarnya. Apabila konflik tersebut tidak dapat diatasi dengan baik maka dalam perkembangannya dapat membawa dampak negatif (Amett, 1994).
Emosi merupakan faktor psikologis yang memengaruhi perilaku individu. Menurut Tyson, Linnenbrink, dan Hill, (2009) emosi dapat muncul ketika siswa berada dalam lingkungan akademisi seperti saat ujian, melakukan tugas yang melebihi batas kemampuan siswa, kegiatan belajar yang membosankan karena guru kurang memiliki keterampilan dalam mengajar, mendapat komentar dari guru, atau umpan balik yang membuat siswa tidak merasa nyaman. 
Remaja yang tidak mampu mengelola emosinya dengan baik rentan terhadap gejala depresi, stres, cemas dan gangguan psikis lainnya terutama pada wanita (Larsen, Raffaelli, Richards, Ham, &Jewel, 1990).

c.       Low motivation
 
Orangtua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi anak dalam belajar. Pengawasan dan arahan dari orangtua akan berpengaruh terhadap motivasi anak dalam mengikuti kegiatan belajar baik di rumah maupun di sekolah. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan Alex Sobur (1986:66) bahwa tugas yang paling penting bagi orangtua ialah menjaga supaya semangat belajar anak-anaknya tidak luntur dan rusak, maka diperlukan dorongan dan dukungan moral dan suasana yang menguntungkan bagi kelancaran belajar anak di rumah.
Tetapi, sekarang ini justru tak sedikit siswa SMP yang kurang memiliki motivasi belajar. Sebagian siswa lebih suka melalaikan waktunya dalam mengerjakan tugas itupun tidak dengan sungguh-sungguh. Siswa lebih cenderung menunggu tugas temannya yang sudah selesai, dan mencontoh tugas temannya itu. Setelah mendapat teguran dari guru barulah siswa mengerjakan tugas yang diberikan. Selain itu, sebahagian siswa sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh guru dengan berbagai alasan, sehingga tugas-tugas siswa itu sering tidak masuk dan mengakibatkan nilai-nilai siswa menjadi rendah.
Low motivation, yaitu kondisi yang tidak atau kurang memiliki energi dan dorongan dalam melakukan kegiatan belajar sehingga nilai dan prestasinya pun buruk. Rata-rata siswa yang kurang memiliki keinginan untuk belajar merasa pada saat mereka di rumah, mereka jarang meluangkan waktunya untuk belajar dan orangtua tidak selalu menanyakan kegiatan-kegiatan mereka di sekolah, terkadang orangtua menanyakan kegiatan-kegiatan mereka di sekolah namun terkadang tidak. Menurut mereka itu mungkin disebabkan karena orangtuanya sudah letih setelah bekerja seharian sehingga tidak sempat bertanya mengenai kegiatan mereka di sekolah.

F.     Permasalahan Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas
     
       Bagi warga negara Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikannya di jenjang pendidikan sekolah menegah pertama (SMP) atau sederajat dengan batas usia 16-18 tahun wajib untuk mengikuti pendidikan sekolah menengah atas (SMA) atau yang sederajat sampai tamat. Seragam sekolah menengah pertama pada umumnya mengenakan seragam putih abu-abu.
       Sama halnya seperti pada siswa SD dan SMP, siswa SMA pun pasti memiliki berbagai permasalahan yang justru lebih berat lagi dari jenjang-jenjang sebelumnya. Berbagai permasalahan pada siswa SMA akan dipaparkan sebagai berikut:
a.       Perilaku bullying
   
Perilaku bullying kurang begitu diperhatikan, karena dianggap tidak memiliki pengaruh yang besar pada siswa. Penelitian Sejiwa (2007) menyebutkan bahwa sebagian kecil guru (27,5%) menganggap bullying merupakan perilaku normal dan sebagian besar guru (73%) menganggap bullying sebagai perilaku yang membahayakn siswa. Hal tersebut tidak bisa dianggap normal karena siswa tidak dapat belajar apabila siswa berada dalam keadaan tertekan, terancam dan ada yang menindasnya setiap hari (Netto, 2007). Menurut Edwards (2006) perilaku bullying paling sering terjadi pada masa-masa sekolah menengah atas (SMA), dikarenakan pada masa ini remaja memiliki egosentrisme yang tinggi.
Herbert (Lee, 2004) mendefinisikan bullying sebagai suatu hal yang mengerikan dan kejam yang dilakukan oleh seseorang kepada anak atau sekelompok anak. Bullying dapat terjadi sekali atau berulang-ulang. Korban bullying akan merasakan malu, sakit atau terhina dan terancam. Adapun pelaku bullying mungkin saja tidak menyadarinya. Adapun Hazler (Carney & Merrel, 2001) mendefinisikan bullying sebagai sebuah perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang untuk menyakiti orang lain. Perilaku ini dapat dilakukan dengan menyerang secara fisik atau verbal dan mengucilkan korban.

b.      Kenakalan remaja (perkelahian)
Menurut Jensen (dalam Sarwono, 2002), perkelahian merupakan salah satu bentuk dari kenakalan remaja (juvenile deliquency), tepatnya kenakalan yang menimbulkan korban fisik pada orang lain. Sarwono (2002) mendefinisikan kenakalan remaja sebagai perilaku yang melanggar hukum atau kejahatan yang biasanya dilakukan oleh anak remaja yang berusia 16-18 tahun, jika perbuatan ini dilakukan oleh orang dewasa maka akan mendapat sanksi hukum.

c.       Prokrastinasi
                   
Menurut Solomon & Rothblum, 1984 (dalam Ghufron, 2004), prokrastinasi yaitu suatu  kecenderungan untuk menunda-nunda dalam memulai menyelesaikan tugas secara keseluruhan untuk melakukan aktivitas lain yang tidak berguna sehingga kinerja menjadi terhambat.
Menurut Ferrari, 1995 (dalam Hayyinah, 2004) dengan melakukan penundaan banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia. Tugas-tugas menjadi terbengkalai, bahkan bila diselesaikan hasilnya menjadi tidak maksimal. Penundaan juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan kesempatan dan peluang yang datang. Prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan bidang akademik misalnya tugas sekolah atau tugas kursus.
Siswa yang memiliki sifat menunda-nunda, jika menghadapi tugas apapun, mungkin cenderung untuk menunda-nunda, begitu juga dengan siswa yang tidak mempunyai kedisiplinan sebagai pelajar, mungkin memiliki sifat kurang disiplin, Tugas pekerjaan rumah (PR), tidak dikerjakan di rumah melainkan di sekolah. Begitu juga dengan siswa yang mengulur-ulurkan waktunya untuk mengerjakan tugas, mungkin memiliki sifat cemas, jika menghadapi tugas apapun, mungkin cenderung cemas. Sifat-sifat yang dimiliki para siswa tersebut mencerminkan tipe kepribadiannya masing-masing. Tiap individu kemungkinan memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda pada umumnya.



DAFTAR PUSTAKA

     Ahmadi, Drs. H. Abu. dan Drs. Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
     Danim, Prof. Dr. Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
     Darjiani, Yuni. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, No. 1. 10 Juni 2016.
     Febriany, Rani, dan Yusri. 2013. Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2, No. 1. 12 Juni 2016.
     Kawuryan, Fajar, dan Trubus Raharjo. 2012. Pengaruh Stimulasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Psikologi Pitutur. Volume 1, No. 1. 10 Juni 2016.
     Lestari, Diah Putri. 2011. Deskripsi Kesulitan Belajar Pada Operasi Penjumlahan dengan Teknik Menyimpan Siswa Kelas I SDN 3 Panjer Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal FKIP UNS. 10 Juni 2016.
     Mustaqim, dan Drs. Abdul Wahib. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
     Novitasari, Anggun. 2014. Teori dan Metode Pengajaran Pada Anak Dyslexia. 10 Juni 2016.
     Safaat, Yogo Dwi Panti. 2013. Hubungan Antara Pelaksanaan Layanan Informasi Bidang Sosial Dengan Kecenderungan Penyimpangan Perilaku Remaja Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliori Tahun Ajaran 2012/2013. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Volume 2, No. 1. 11 Juni 2016.
     Suparno. 2006. Model Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Khusus. Volume 2, No. 2. 10 Juni 2016.
     Usman, Irvan. 2009. Perilaku Bullying Ditinjau dari Peran Kelompok Teman Sebaya dan Iklim Sekolah Pada Siswa SMA di Gorontalo. 12 Juni 2016.
     Utaminingsih, Sartika. 2012. Tipe Kepribadian dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Kelas X Tangerang. Jurnal Psikologi. Volume 10, No. 1. 11 Juni 2016.
     Wuryati. 2012. Fenomena Perilaku Menyimpang Remaja di Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Volume 1, No. 2. 11 Juni 2016.

     (Gambar Online) http://lifehacker.com/5904712/how-can-i-recharge-my-depleted-motivation (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.00)
     (Gambar Online) https://catatankika.wordpress.com/2010/03/08/rokok-dan-orang-yang-anda-sayangi/ (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.13)
     (Gambar Online) http://thewonderphysics.blogspot.co.id/2015/05/emosi-peserta-didik.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.15)
     (Gambar Online) http://infosaged.blogspot.co.id/2015/11/game-belajar-menghitung-angka-android-terbaik.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11. 20)
     (Gambar Online) https://play.google.com/store/apps/details?id=air.BelajarMenulis (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11. 22)
     (Gambar Online) http://poskotanews.com/2014/10/17/bolos-membolos-itu-mah-biasa/ (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11. 28)
     (Gambar Online) http://rismakun.blogspot.co.id/2014/05/sekolah-dan-kesannya-bagi-pelajar.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11. 31)
     (Gambar Online) http://azmi648.blogspot.co.id/2015/04/sinetron-aku-anak-indonesia-pejuang.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.34)
     (Gambar Online) http://www.rappler.com/indonesia/107702-bupati-purwakarta-peraturan-bupati-pelajar-merokok (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.40)
     (Gambar Online) https://aliviaramadhani905.wordpress.com/2014/10/26/kerenku-bukan-dengan-narkoba/ (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.43)
             (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.45)
     (Gambar Online) http://madz666.blogspot.co.id/2012/11/budaya-menyontek-harus-dijauhkan.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.48)
     (Gambar Online) http://gambartop10.blogspot.co.id/2015/06/10-gambar-tertidur-di-kelas.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.51)
     (Gambar Online) http://e-medis.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-pertumbuhan-dan-perkembangan.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.55)
     (Gambar Online) http://dapodikmen.smk-grobogan.net/2014/08/informasi-mengenai-verifikasi-dan.html (diakses tanggal 12 Juni 2016, pukul 11.59)

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah Seorang Mahasiswa PGSD UNIVERSITAS TADULAKO. Sukses d usia Muda adalah IMPIANKU. Sekarang masih dalam tahap Pengembangan Diri Kearah Sikap-sikap yang positif. Saya Kuliah Sambil Kerja Sambil Jalani Bisnis. dengan DOA dan USAHA saya yakin SAYA BISA. keinginanku mencapai kesuksesan saya coba terus-menurus sampai SAYA BISA. Berbekal keyakinan saya akan mengembangkan potensi DIRI SAYA. Apakah dalam Bisnis, Akademik atau apapun itu saya akan coba lakukan untuk menuju puncak itu.